Agenda Seru di Masa Pandemi: Pelatihan Penggunaan Aplikasi Manajemen Referensi untuk Artikel Jurnal

Tadarus Jurnal Bahasa Arab seri ke 4 sukses dilaksanakan hari Kamis, 23 Juli 2020 oleh Perkumpulan Pengelola Jurnal Kajian Bahasa Arab (PP-JKBA) Indonesia bekerjasama dengan PP-PBA Indonesia dan IMLA Indonesia. Kegiatan bertema “Optimalisasi Aplikasi Manajemen Referensi Zotero dalam Penulisan Artikel dan Pengelolaan Jurnal” diikuti oleh pengelola jurnal dan terbuka juga untuk umum bagi penulis dan calon penulis yang memiliki perhatian terhadap referensi manager. Tujuan kegiatan ini tentunya penulisan referensi atau daftar pustaka yang tidak lagi manual akan tetapi otomatis dan tepat sesuai aturan baku yang berlaku. Pemanfaatan referensi manager ini sangat membantu dalam penulisan artikel ilmiah khususnya yang akan disubmit ke jurnal bereputasi baik nasional maupun internasional.

Acara dibuka oleh Buya Dr. (c) Talqis Nurdianto mewakili dewan Pembina PPJKBA dari negeri Jiran Malaysia. Dosen bahasa Arab Universitas Muhammadiyah Yogyakarta ini sangat mendukung pelatihan dan pendampingan yang diadakan oleh asosiasi jurnal bahasa Arab di Indonesia dengan selalu meluangkan waktu untuk turut serta dalam agenda. Di usia yang sangat awal belum masuk satu tahun PPJKBA Indonesia dengan semangat muda ketua umum Dr. Azkia Muharom Albantani, M.Pd.I dari UIN Syarif Hidayatullah Jakarta dan Sekjen Ahmad Habibi Syahid, MA dari UIN Banten telah menyusun pelatihan dalam bentuk webinar series dan sudah terlaksana kali ke empat. Webinar seri empat ini diisi oleh pemateri dari jurnal ALFAZ UIN Banten yang tak lain merupakan Sekjen PPJKBA Ahmad Habibi Syahid, MA yang akrab disapa Kang Abe. Kegiatan berjalan asik dan lancar dengan moderator Kang Anwar Sanusi, M.Pd dari jurnal Alsuniyat Universitas Pendidikan Indonesia (UPI). Sampai jumpa dalam webinar dan agenda PPJKBA Indonesia berikutnya. Salam jurnal, mari menulis.

Kontributor: Dr. Nuril Mufidah, M.Pd / Mahfuz Rizqi Mubarok, M.Pd

Leave a Reply

Your email address will not be published.